Minggu, 24 November 2013

Diduga Sebarkan Aliran Sesat, Ponpes Santri Luwung Dibakar

News facebook, Senin (25/11/2013)
SRAGEN - Ratusan massa melakukan aksi penyerangan ke sebuah Ppondok Pesantren (Ponpes) Santri Luwung yang terletak di Dusun Bedowo, Desa Jetak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Jawa Tengah.

Selain melakukan penyerangan, massa juga nekat melakukan pembakaran ke Ponpes yang diduga mengajarkan aliran sesat. Untungnya dalam insiden bentrokan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Meski demikian selain memaksa ratusan personil gabungan Polres Surakarta turun untuk meredam, bentrokan tersebut juga memaksa Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Dwi Priyatno terjun langsung.

Informasi yang berhasil dihimpun Wartawan, Sabtu (24/11/2013), aksi penyerangaan disebabkan massa yang berasal dari salah satu ormas kecewa, karena hingga saat ini padepokan pimpinan Anto Miharjo atau Gus Anto yang diduga menyebarkan aliran sesat biasa digunakan untuk wiridan dan dzikir tersebut masih tetap beraktifitas.

Massa yang datang langsung merusak dan membakar Pendopo Ponpes Santri Luwung. Selain melakukan pembakaran, massa juga memblokir jalan dengan menggunakan pohon yang sengaja ditaruh melintang di tengah jalan. Sehingga upaya mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api tersendat.

Setelah massa dan aparat melakukan negosisasi, massa baru mengijinkan mobil pemadam masuk untuk memadamkan api yang terus membesar dan melahap sebagian Pendopo Ponpes Santri Luwung.

Plt Kesbangpolinmas Pemkab Sragen, Suharto mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian untuk meredam massa.

Pihaknya juga masih menunggu bantuan dari Brimob Solo untuk membantu mengendalikan keadaan. Alasannya, massa terus melakukan perlawanan agar aparat tak bisa masuk menuju ke lokasi.

"Kita terus berkoordinasi dengan aparat agar aksi massa ini bisa segera diredam,"ungkap kepada wartawan.

Lebih jauh, dia menyampaikan tidak ditutupnya padepokan tersebut lantaran belum ada fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan ajaran dari Ponpes Santri Luwung, Padepokan Bumi Arum, sesat. (Damar Wulan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar